Senin, 13 Oktober 2014

Wisata Jejak Penyebaran Agama Islam di Lombok Tengah

Selain keindahan alam yang memukau dunia, pulau Lombok juga memiliki daya tarik wisata yang lain berupa Keaneka ragaman adat budaya dankebiasaan di pulau Lombok memang sudah di kenal sebagai daerah tujuan wisata favorit di Indonesia dan mancanegara. Karena selain keindahan dan keunikannya, daerah daerah tujuan wisata di pulau ini masih sangat tradisional dan alami serta memiliki sejarah atau ceritera tersendiri. Seperti keberadaan lokasi lokasi menarik berikut.

·        Makam Nyatok

Makan ini terletak tidak jauh dari masjid tua rembitan. Diamana di makamkannya seorang penyebar agama Islam yang bernama Wali Nyatok. Banyak warga yang sering dating ke makam ini untuk nyekar dan mengajukan permohonan yang di percaya akan terkabur, terutama permohonan akan keselamatan dan kesembuhan dari suatu penyakit tertentu., khususnya di hari rabu makam ini akan sangat ramai di kunjungi. Karena menurut wangsit dari penghuni makam bahwa dia ada di makam tersebut di hari Rabu. Air di makam inipun di keramatkan, biasanya di gunakan sebagai pengungkap suatu perkara atau kebenaran dari pengakuan sesorang, karena jika seseorang yang berbohong jika meminum air ini akan jatuh sakit dan mati. Berdasarkan ceritera penduduk setempat bahwa pada saat jasad wali Nyatok ini akan di kuburkan, di ketahui jasadnya menghilang, yang tertinggal di keranda hanya kain kafannya saja, atau yang di sebut dengan meninggal moksah.

·        Masjid Tua Rembitan

Sebuah masjid tua tak jauh dari makam Nyatok ini, memiliki fondasi yang terbuat dari tanah dengan bentuk tumapng bertingakat dua dan tanpa serambi ini di perkirakan di bangun pada abad ke 16. Di bangunnya masjid ini berhubungan dengan kedatangan dari pada wali Nyatok sebagai penyebar agama Islam.  Di bagian dalam masjid terdapat empat buah tiang soko guru, mihrab dan mimbar. Dan di sebelah timur masjid terdapat bedug besar dari kulit kerbau. Bahan yang di gunakan untuk atap adalah alang alang dan ijuk, di mana masjid ini di kelilingi dengan pagar bata dan kayu.

1 komentar: